PENERAPAN PBL(PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA PAPAN CATUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 4 SD

Yuli Puji Lestari, Slameto Slameto, Elvira Hosein Radia

Abstract


Latar belakang dilakukan penelitian yaitu guru belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa serta pemilihan media yang belum tepat. Hal tersebut mengakibatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menjadi kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas 4 SD  menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan media papan catur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, serta hasil belajar siswa. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik presentase yaitu analisis data yang membandingkan hasil belajar siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan temuan: 1) model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dilakukan dengan langkah-langkah; a) pemberian pertanyaan mendasar, b) orientasi peserta didik kepada masalah, c) mengorganisasikan peserta didik, d) membimbing penyelidikan kelompok, e) mengembangkan dan menyajikan karya. Temuan lain adalah tentang Penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan media papan catur dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditunjukkan pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang mencapai ≥ 70 meningkat pada siklus 1 dan siklus 2.

Full Text:

PDF

References


Abidin. (2013). Model Pembelajaran dengan Pendekatan Sains.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fathurrahman, M. (2015). model-model pembelajaran inovatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Hadi, F. R. (2016). penerapan pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelasl IV. UMS , 31-38.

Heruman, S. M. (2010). MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Kurniawati, E. F. (2008). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri Pabelan 01) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mustamilah. (2015). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Matematika menggunakan Model Problem Based Learning pada Sub Tema Merawat Tubuhku Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Gosono-Wonosegoro. Scholaria , 92-102.

Rahmadani, N. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4. Scholaria , 241-250.

Susanto, A. (2015). teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.14

Article Metrics

Abstract view : 873 times
PDF - 637 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.